Aneka Manfaat Jahe Merah Dan Cara Pengolahan Yang Benar

JAHE MERAH SUPER AMANAH - Bicara tentang manfaat jahe merah memang tidak ada habisnya. Saking banyaknya manfaat jahe merah itu sampai-sampai jahe merah disebut sebagai apotik hidup. Jahe merah merupakan salah satu obat tradisional yang ampuh mengobati berbagai macam penyakit dan menjadi obat alami yang paling baik untuk kesehatan tubuh. Jenis jahe itu sendiri ada tiga macam, jahe putih, jahe gajah dan jahe merah. Sedangkan dari ketiga jenis jahe tersebut jahe merah merupakan jahe yang paling banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Jahe Merah Dan Cara Pengolahan
Manfaat Jahe Merah Dan Cara Pengolahan - jahemerah.org
Jahe merah termasuk dalam golongan tanaman rempah-rempah yang mengandung berbagai macam zat bermanfaat bagi tubuh manusia. Ramuan jahe merah tidak hanya bisa diminum sebagai obat alami saja, akan tetapi ramuan jahe atau ramuan jahe merah juga bisa dinikmati sembari bersantai dengan keluarga sebagai minuman sehat. 

Seperti apa sih ciri-ciri jahe merah itu? 

Bicara soal ciri-ciri jahe merah, kita tentu juga akan berbicara tentang ciri-ciri jahe lainnya. Jahe putih kecil itu ukurannya kecil dan teksturnya lebih kasar dari pada jenis jahe lainnya. Sedangkan ciri-ciri cahe merah ukurannya sedikit lebih besar dari jahe kecil atau jahe biasa, warna jahe merah juga jauh berbeda dari jahe lainnya, merah dan tekstur jahe merah lebih halus. Sementara ciri-ciri jahe gajah adalah ukurannya yang jauh lebih besar dari pada kedua jenis jahe lainnya, tekstur jahe gajah juga lebih halus.

Dari luar, ciri-ciri jahe merah sangat mudah dibedakan dengan jenis jahe lainnya. Selain itu, jika anda disuruh untuk menutup mata dan diminta untuk membedakan jahe merah dengan jenis jahe lainnya juga cukup mudah. Jahe merah rasanya lebih pedas dari jenis jahe lainnya.
dari pembahasan diatas, jahe merah sudah tentu sangat berbeda sekali dengan jenis jahe lainnya. Dari bentuknya saja sudah sangat berbeda, apalagi manfaatnya. Nah jika bicara soal manfaat jahe merah, jahe merah ternyata juga memiliki perbedaan yang jauh dari pada jenis jahe lainnya. Dari pada penasaran, berikut ini adalah beberapa mafaat jahe merah untuk tubuh manusia:

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Bicara soal jahe merah dan kesehatan, kita tentu tidak akan bisa menghitungkan berapa banyak manfaat jahe merah, banyak sekali. Maka dari itulah kami menyimpulkan dalam satu lingkup, yaitu kesehatan. Manfaat jahe merah untuk kesehatan antara lain adalah untuk mengobati penyakit lambung, batuk, membantu menjaga kondisi jantung tetap stabil, meredakan sesak nafas, asma, mengobati kanker, morning sickness, sakit kepala, alergi, dan masih banyak lagi manfaat jahe untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Ramuan jahe merah juga sering digunakan sebagai minuman penambah stamina dan juga menambah gairah seks seseorang.

Manfaat jahe merah untuk kecantikan

Tidak hanya kesehatan, jahe merah juga bermanfaat membantu perawatan kecantikan seseorang. Seperti contohnya ketika seseorang sedang melakukan program diet khusus, jahe merah akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan anda. Tak hanya itu saja, jahe merah juga dikenal sangat ampuh untuk membantu mencegah penuaan dini, mencegah dan mengobati jerawat dengan jahe merah, khasiat jahe merah juga bisa untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah seseorang. Sampai disitu saja? Tidak. Jahe merah juga sangat efektif mengangkar sel-sel kulit mati, dan ramuan jahe merah terbukti ampuh sebagai masker wajah untuk mengencangkan kulit.

Manfaat jahe merah untuk ibu hamil dan setelah melahirkan

Pada poin ketiga ini sebenarnya kita juga masih akan berkutat tentang manfaat jahe merah untuk kesehatan, hanya saja beda kondisinya. Kali ini kita akan melibatkan kesehatan ibu hamil. Apakah jahe merah tidak berbahaya untuk ibu hamil? Jawabannya sama sekali tidak. Justru jahe merah sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi tubuh mereka agar tetap sehat dan bugar. Selain itu ramuan jahe merah juga bisa mebantu melancarkan pencernaan bagi ibu hamil, terutama dalam hal buang air besar. Sangat berbahaya jika ibu hamil itu susah untuk buang air besar, nah dengan mengkonsumsi ramuan jahe merah, masalah seperti buang air besar tidak lancar akan segera teratasi. 

Jahe merah juga bisa membantu pertumbuhan si kecil di dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat, jangan lantas rasa jahe merah ini lebih pedas dari jenis jahe lainnya lantas kita beranggapan bahwa jahe merah itu berbahaya bagi kandungan. Justru tidak, asalkan porsinya tidak berlebihan.

Setelah ibu melahirkan, mengkonsumsi ramuan jahe merah juga akan membantu mempercepat penyembuhan luka pada rahim si ibu tersebut karena jahe merah mengandung zat anti inflamasi yang mencegah datangnya infeksi. Ramuan jahe merah juga sangat bermanfaat untuk memperlancar ASI ibu.

Manfaat jahe merah untuk anak

Apakah benar jahe merah itu bermanfaat untuk anak-anak? Benar sekali. Jahe merah mengandung senyawa yang dipercaya mampu meningkatkan kecerdasaan anak sejak dini dan mampu merangsang imajinasi serta daya ingat anak-anak. Manfaat jahe merah untuk anak ini juga meliputi pertumbuhan atau perkembangan tubuh.

Itulah beberapa manfaat jahe merah jika kita simpulkan secara ringkas. Jika kita jabarkan lebih detail tentang manfaat jahe merah maka tidak akan cukup menulisnya sehari saja, sebab manfaat jahe merah ini memang banyak sekali, jadi wajar jika jahe merah disebut sebagai apotik hidup.

Manfaat jahe merah sudah, sekarang bagaimana cara mengolah jahe merah agar bisa dipakai sebagai obat? 

Jawabannya sangat sederhana sekali, dari berbagai macam manfaat jahe merah yang sudah disebutkan di atas tadi, cara mengolah dan cara mengkonsumsinya hanya dengan satu cara, yaitu dibuat sebagai ramuan wedang jahe atau sebagai minuman jahe. Penyakit apapun itu, cara menggunakannya hanya dengan satu cara, akan tetapi anda bisa mengkombinasikan ramuan wedang jahe tersebut dicampur dengan berbagai macam jenis bahan lainnya seperti contohnya madu, jeruk nipis, lemon segar, kunyit, bawang putih, dibuat menjadi teh jahe juga bisa. Akan tetapi khsusus untuk penggunaan jahe merah sebagai masker, anda tentu tidak akan meminumnya. Carilah bubuk jahe merah, kemudian anda tambahkan dengan air hangat secukupnya lalu anda bisa mengoleskan ke seluruh permukaan wajah anda.

Cukup mudah bukan? Jahe merah adalah tanaman tradisional dan juga obat alami untuk kesehatan tubuh kita. (jahemerahsuperamanah.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.