Manfaat Jahe Merah Untuk Ibu Hamil, Obat sekaligus sahabat ibu hamil

Manfaat Jahe Merah Untuk Ibu Hamil - Sudah sewajarnya jika wanita hamil itu perlu mendapatkan perhatian lebih dari orang lain bahkan dari wanita itu sendiri. Apa yang perlu diperhatikan? Perhatian paling utama tentunya ada pada kesehatan mereka. Mengapa? Wanita yang sedang hamil cenderung mengeluarkan/menghasilkan karbondioksida yang lebih banyak dari pada wanita biasa pada umumnya.

manfaat jahe merah untuk ibu hamil
manfaat jahe merah untuk ibu hamil (sumber gambar:bearhug.id)
Sama halnya dengan orang-orang yang mengalami kegemukan. Karbondioksida yang mereka keluarkan dari tubuh mereka lebih banyak. Itulah alasan mengapa orang-orang yang gemuk juga rawan dengan penyakit daripada orang yang memiliki postur tubuh lebih kecil, standar, dan tidak terlalu kurus. Sedangkan ibu hamil kebanyakan akan mengalami perubahan tubuh dari yang kurus menjadi lebih gemuk lagi.

Sebenarnya anjuran untuk menjaga kesehatan itu tidak hanya berlaku pada ibu hamil atau pada orang-orang yang mengalami kegemukan saja, semua orang dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan mereka.

Hanya saja ya itu tadi, ibu hamil harus ekstra dalam menjaga kesehatan mereka.

Nah, bicara tentang kesehatan ibu hamil, sepertinya akan ada banyak sekali cara yang mereka lakukan. Setiap ibu hamil memiliki cara yang berbeda-beda. Tergantung dari kekuatan fisik dan tubuh mereka, jadi sebenarnya tidak ada anjuran khusus bagi ibu hamil tentang cara menjaga kesehatan mereka. Lho kok bisa? Faktanya, banyak juga ibu hamil yang cuek dengan apa yang mereka lakukan, apa yang mereka makan, namun mereka tetap baik-baik saja serta bayinya pun juga selamat. Tapi ada juga ibu hamil yang tidak seperti itu.

Mungkin anda akan terkejut jika mendengar ada ibu hamil yang "ngidam" makan durian. Padahal kita tahu bahwa ibu yang sedang hamil terlebih lagi hamil muda sangat pantang sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang panas atau mungkin pedas, sebab itu akan berakibat buruk pada janin mereka.

Apa ibu yang seperti itu benar-benar ada? Ada. Dan buktinya mereka memang baik-baik saja ketika memakan buah durian.

Dari situ kita bisa menyimpulkan, bahwa tidak semua makanan yang panas atau pedas itu akan berakibat buruk pada ibu hamil. Terkadang makanan seperti itu justru dibutuhkan oleh mereka, salah satu contohnya adalah Jahe merah.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika rasa dari jahe itu pedas bercampur segar, terlebih lagi jahe merah. Jahe merah dikenal memiliki rasa yang lebih pedas dari jenis jahe lainnya. Sekarang apa hubungannya jahe merah dengan ibu hamil? Banyak sekali. Jahe merah memiliki banyak sekali zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya yang berguna untuk ibu hamil adalah zat anti-inflamasi. Zat anti-inflamasi ini berfungsi untuk menekan atau mengurangi zat sorotonin dalam tubuh wanita/ibu hamil. Saat wanita sedang hamil zat sorotonin dalam tubuh mereka juga akan meningkat, dan zat sorotonin itulah biang kerok yang menyebabkan mereka sering merasakan mual-mual dan mengakibatkan pencernaan mereka terasa tidak nyaman.

Sedangkan zat anti-inflamasi yang dihasilkan oleh jahe merah itu terbukti ampun untuk membelenggu zat sorotonin dalam tubuh ibu hamil.

Rasa mual dan pencernaan yang tidak nyaman dari dulu hingga sekarang memang menjadi masalah yang menduduki peringkat teratas pada ibu-ibu yang sedang hamil. Banyak ibu-ibu hamil yang melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan rasa mual mereka namun tak jarang pula dari mereka yang gagal lantas membiarkan saja rasa mual tersebut hilang dengan sendirinya, tanpa berpikir bahwa rasa mual itu akan menghampiri mereka lagi.

Selain zat anti-inflamasi, jahe merah juga memiliki zat lainnya yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, merangsang produktivitas ASI (bagi mereka yang sedang hamil tua dan akan melahirkan), menambah nafsu makan, dan lain sebagainya, banyak sekali. Banyaknya manfaat-manfaat tersebut pastinya juga akan membuat tubuh ibu hami menjadi lebih sehat dan jika ibunya sehat maka bayinya 99,99% juga akan sehat.

Kembali lagi pada inti manfaat jahe merah untuk ibu hamil, Jahe merah juga bisa membantu mentralisir zat-zat jahat yang dihasilkan oleh makanan-makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil memang doyan sekali makan, tak heran jika mereka tiba-tiba berubah gemuk.

Dan ketika mereka ingin makan, apa saja yang mereka ingin makan harus mereka dapatkan. Terkadang jika ibu hamil sudah terbentur oleh yang namanya "ngidam", tak peduli dengan apa yang mereka makan. Di atas tadi sudah sedikit diceritakan bahwa ada ibu hamil yang pernah ngidam buah durian yang terkenal mampu menghasilkan panas pada tubuh seseorang.

Dan jika anda pernah seperti itu, maka ada baiknya konsumsilah jahe merah untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang buruk terjadi. Jika anda bisa membayangkan rasa jahe merah itu bagaimana dan anda tidak memiliki sedikitpun nafsu untuk mencoba jahe merah tersebut, anda bisa juga mencampurnya dengan bahan-bahan lain seperti madu dan jeruk nipis.

Atau, anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan, pengganti dari jahe biasa. Cara ini mungkin akan lebih efektif.

Mengkonsumsi jahe merah tanpa dicampur dengan bahan-bahan lainnya hasilnya memang akan lebih baik, akan tetapi jangan dipaksakan seperti jika anda memang sudah benci dengan makanan yang memiliki rasa getir atau pedas. Jika anda paksakan, anda bisa jadi akan bertambah mual tidak karuan, justru bisa jadi akan muntah. Jika itu terjadi,l energi yang anda keluarkan ketika anda muntah-muntah itu juga akan berakibat buruk pad kondisi perut anda yang sedang mangandung janin.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.