Jahe Merah itu Apotik Hidup dan Inilah Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan - Bicara tentang tubuh yang sehat pastinya tubuh tersebut akan bebas dari berbagai macam penyakit. Dan jika membahas tentang banyaknya penyakit yang sering menyerang tubuh seseorang pastilah banyak sekali jenisnya, seperti batuk, sakit pinggang, nyeri sendi, reumatik, maag (masalah pencernaan dan berbagai macam masalah lambung lainnya), jantung, asam urat, ginjal, dan masih banyak lagi.

manfaat jahe merah bagi kesehatan
manfaat jahe merah bagi kesehatan (sumber gambar:spirit.web.id)

Tapi percaya atau tidak, semua penyakit yang sudah penulis sebutkan diatas tersebut bisa diatasi dan diobati hanya dengan menggunakan ramuan obat yang di dalamnya berbahan jahe merah.

Jahe merah bisa dikatakan sebagai tanaman "apotik hidup" yang ada di bumi ini.

Namun untuk menyingkat waktu, penulis hanya akan membahas manfaat jahe untuk beberapa penyakit saja, selebihnya jika anda ingin mencari manfaat jahe merah untuk penyakit-penyakit tertentu secara detail anda bisa mencari sesuai dengan masalah yang anda ingin tahu atau bahkan anda sedang mengalami penyakit tertentu. Di sini penulis memang sengaja membahas manfaat jahe merah untuk egala penyakit yang umum diderita oleh orang pada umumnya, dari penyakit A sampai penyakit Z semua ada disini.

Sedikit yang perlu anda ketahui sebelum kita membahas tema inti kita, jahe merah memang mengandung banyak sekali zat-zat hebat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Seperti misalnya zat zingeron, gingerol dan shogaol, ketiga zat inilah yang sangat banyak memberikan kosntribusi pada kesehatan tubuh seseorang. Tidak cukup sampai disitu saja, uniknya lagi jahe merah ini juga mengandung zat oleoresin serta minyak atsiri. Nah pada minyak atsiri juga masih terdapat senyawa lainnya lagi, seperti lemonin, zingerberin, zingiberal, asam aksolat, kamfena dan sebenarnya masih banyak lagi.

Jadi wajar saja jika banyak orang yang menggunakan jahe merah untuk menjaga kesehatan mereka bahkan untuk mengobati penyakit-penyakit yang mereka derita.

Rasa hangat akibat efek dari mengkonsumsi jahe terutama jahe merah yang memang rasanya lebih pedas dari pada jenis jahe lainnya, mampu melancarkan perederan darah, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap segal bentuk serangan radikal bebas, menguatkan lambung dan melancarkan sistem pencernaan. Jahe merah juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang berguna sekali bagi orang yang sedang mengalami batuk-batuk (bahkan segala jenis batuk) serta radang tenggorokan.

Tapi untuk urusan batuk, sepertinya semua jenis jahe memiliki khasiat yang sama sebab sama-sama bisa melegakan tenggorokan.

Zat anti-inflamasi tersebut juga sekaligus bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi-sendi di tubuh. Biasanya orang-orang yang sering mengalami nyeri sendi itu mengkonsumsi jahe merah dengan cara mencampurnya dengan temulawak, kumis kucing serta cabe merah. Pasti rasanya tidak enak, dimana-mana yang namanya obat hampir semuanya memiliki rasa yang tidak enak atau bahkan rasanya pahit.

Mendengarkan jahe merah bisa untuk mengobati batuk dan melegakan tenggorokan, jangan-jangan jahe merah juga bisa untuk mengobati asma ya? Bisa sekali. Penyakit asma terjadi karena menyempitnya saluran pernapasan dalam tubuh seseorang, sekarang logis saja deh, jahe merah yang mampu memberikan efek lebih hangat di seluruh bagian tubuh itu mampu mengendurkan organ-organ tubuh yang mengencang dan tegang. Dan saluran pernapasan yang menyempit lambat laun akan renggang kembali.

Bayangkan saja, itu masih tiga penyakit, belum penyakit-penyakit lainnya. 

Jika dijabarkan semuanya, penulis bisa pingsan di depan komputer sambil memegang keyboard hanya untuk menjelaskan manfaat jahe merah untuk kesehatan. Setidaknya, itulah beberapa khasiat jahe merah untuk kesehatan tubuh. Yang jelas jahe merah bagus untuk dikonsumsi secara rutin, jika memang anda bisa dengan mudah mendapatkan jahe merah, anda juga bisa mengkonsumsinya dengan cara menggunakan jahe merah tersebut sebagai bumbu masakan. Kita mungkin perlu juga untuk tahu bahwa jahe merah itu sulit sekali didapatkan. Kalaupun ada, mungkin harganya juga sedeikit lebih mahal dari jenis jahe lainnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.